In teknologi workingmom

Cara Mudah Cek Data Kepegawaian Melalui Mobile Application


Bulan lalu, jelang TMT Kenaikan Pangkat (KP) periode April 2018, beberapa teman kontak ke saya dan bertanya kabar mengenai SK KP yang telah mereka usulkan. Sebagai personil baru di bidang ini, saya pribadi jujur masih ngga ngeh gimana cara ngeceknya 🙈🙈 trus ngga dijawab pertanyaan mereka? Jawab dong, tanya ke para senior 😁😁

Ngeceknya gimana? Rehaes 😅 lewat sistem kepegawaian online dong ah. Zaman now kan serba online.

Sesuai dengan Pasal 175 PP 11 Tahun 2017 yang menekankan bahwa profil PNS harus dikelola dan dimutakhirkan sesuai dengan perkembangan atau perubahan informasi kepegawaian masing-masing instansi pemerintah (kabupaten/kota, propinsi, pusat). Selanjutnya profil PNS tersebut diintegrasikan ke dalam Sistem Informasi ASN secara nasional yang dikelola BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Sistem informasi ASN/ PNS dimaksud memuat profil PNS yang terdiri dari data pokok kepegawaian, data kepangkatan, data jabatan, data pendidikan, sampai dengan data keluarga. Sistem informasi online tersebut menjadi basis data bagi pengembangan karir PNS. Semua rekam jejak tersimpan secara online sehingga dapat diakses dengan cepat dan mudah.

Untuk mengimplementasikannya, BKN telah mengembangkan SAPK (Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian) online yang berbasis web sehingga dapat digunakan kapan dan dimana saja. Sistem ini menggunakan satu database nasional yang terintegrasi secara online antara BKN pusat, Kanreg BKN dan instansi pemerintah daerah sehingga akan meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian.

Untuk memudahkan pelayanan kepegawaian, BKN telah melaunching aplikasi MySAPK yang berbasis android sehingga bisa diinstall dan diakses dari smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Aplikasi ini bisa diunduh lewat PlayStore disini atau search dengan keyword "my sapk".

Jika selama ini PNS sulit untuk mengetahui data kepegawaiannya dikarenakan aplikasi SAPK hanya bisa diakses oleh pengelola kepegawaian pada masing-masing instansi, dengan aplikasi MySAPK yang bisa diakses di smartphone, masing-masing PNS dapat melihat data kepegawaiannya.

 Tampilan form login My SAPK BKN

Setelah berhasil download dan terinstall di smartphone, login menggunakan username dan password Anda pada saat entry data PUPNS 2015. Hhhmmm masih pada inget kan? Kalo lupa password atau username, gunakan fasilitas "lupa password" atau "lupa user" dibawah tombol login.


Tampilan menu utama/ Home

Aplikasi MySAPK terdiri dari fitur Profil PNS, Ubah Data, My KPE, Otentifikasi SK, Pelacakan, Personalisasi dan Notifikasi.

1.  PROFIL PNS
Menu profil PNS berisi data kepegawaian. Menu ini terdiri dari sub menu Data Utama, Golongan awal dan akhir, Jabatan terakhir, Posisi unit kerja/ instansi, Pendidikan terakhir, Data Pribadi dan Keluarga.

2.  UBAH DATA
Pada menu ini, kita bisa merubah sendiri data email, nomor telpon/ HP, NPWP, BPJS dan alamat.

3.  MY KPE

Keren kan kartu KPE saya? 😁😁 Ini KPE (Kartu Pegawai Elektronik) bentuk digital dan dapat diunduh. tapi saya masih belum nemu referensi mengenai penggunaan kartu ini.

4.  OTENTIFIKASI SK
Menu ini digunakan untuk mengecek otentifikasi atau keabsahan sebuah SK. Scan barcode yang tertera di SK Anda dan lihat hasilnya 😁

5.  PELACAKAN
Fitur ini digunakan untuk melacak status terakhir pelayanan kepegawaian.

6.  PERSONALISASI 
Gunakan menu ini untuk mengganti password lama dengan yang baru.

7.  NOTIFIKASI
Lewat menu ini, kita bisa tau sudah sampai mana proses pengajuan layanan kepegawaian kita, lengkap sampai detikannya 😁

Bagi PNS di lingkungan Pemkab Cilacap, selain menggunakan aplikasi di atas, juga bisa cek data kepegawaian daerah melalui e-simpeg yang juga bisa diakses menggunakan smartphone. Insyaalloh akan saya coba bahas di postingan lain.

Jangan lupa, cek dan pantau secara berkala data kepegawaian kita. Lha kalau bukan kita yang peduli sama data kita sendiri, siapa lagi?  

Semoga bermanfaat.


reference :
PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS
http://www.bkn.go.id/
https://www.kanreg12bkn.id/home/sapk-sistem-aplikasi-pelayanan-kepegawaian-2/

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.