In grafis teknologi workingmom

Cara Mudah Membuat Flyer Menggunakan Canva


Bagi seorang yang menggeluti desain grafis, tidaklah susah membuat gambar yang menarik dengan berbagai software grafis seperti Photoshop, Coreldraw, dan lain-lain. Akan tetapi untuk bisa menguasai software tersebut sampai expert dan bisa menghasilkan karya yang menakjubkan tentu dibutuhkan waktu untuk mempelajarinya.

Namun bagi teman-teman yang ingin menguasai pembuatan gambar atau mengedit foto dengan hasil layaknya desainer profesional, tidak perlu bingung lagi. Karena sekarang sudah banyak website yang menyediakan software desain grafis yang mudah digunakan dan free alias gratis 😁

Sebut saja venngage, easel.ly serta sang idola canva

Sejak dipercaya sebagai salah satu Admin di komunitas Banyumas Babywearers yang bertugas di divisi Medsos, salah satu jobdesk adalah membuat dan mempublish flyer kegiatan, challenge atau infografis lainnya.

Nah, kali ini saya akan berbagi tutorial singkat cara membuat flyer menggunakan Canva.

Kenapa Canva?

Ok, sebelumnya mari sekilas berkenalan dengan Canva.

Mudah Diakses dan Gratis

Untuk menggunakan Canva tidak harus install di PC atau Laptop karena merupakan program editor grafis berbasis web, sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja.
Canva juga bisa diakses dari smartphone dengan download gratis terlebih dahulu di Playstore.

Banyak Template Desain

Banyak sekali template yang disediakan oleh Canva baik yang gratis ataupun berbayar. Kita bisa membuat berbagai macam desain seperti poster, banner, header blog, instagram post, kartu nama, dan lain-lain. Tinggal mengganti gambar atau text sesuai keinginan.

Selain template desain, Canva juga banyak menyediakan elemen gratis atau berbayar seperti foto, grid, frame, icon, dan lain-lain

Mudah Digunakan

Satu lagi keunggulan Canva adalah mudah digunakan. Sebenernya ini subjektif banget karena selera dan kemahiran tiap orang berbeda. Tapi dari beberapa aplikasi yang pernah saya coba, Canva adalah favorit saya karena interface'nya sangat user friendly sehingga tidak perlu waktu lama untuk bisa menguasainya.

Well, kembali ke laptop. Berikut cara membuat flyer menggunakan Canva.

1. Buka Canva, login. Jika belum punya akun, bisa mendaftar dulu dengan email atau akun Facebook


2. Pilih Template, atau tentukan dimension melalui Use Custom Dimension





3. Buat background dengan memilih pattern atau warna

4. Tambahkan elemen sesuai desain yang diinginkan. Ketik elemen yang dicari pada kolom seacrh atau melalui menu Upload untuk menambahkan foto/ gambar dari penyimpanan internal PC/ HP
    Tambahkan Text. Jenis font, ukuran dan warna text bisa diganti.  

5. Jika sudah selesai, klik File dan Save. Kemudian klik Download dan siap digunakan

Tara.... sudah jadi deh

Bagaimana, mudah kan?

Teman-teman juga bisa berkreasi untuk membuat poster, logo, quote, slide presentasi, infografis, dan lain-lain.

Ah ya, tutorial di atas membuat desain dengan Canva menggunakan PC. Bagaimana jika menggunakan HP? Basicly sama saja. Saya juga lebih sering mengakses Canva di HP karena bisa lebih mobile dan flexible.

 Beberapa contoh desain menggunakan Canva


   Semoga Bermanfaat,

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.