In health PCOS promil tips

Promil Story : TIPS HAMIL BAGI PENDERITA POLYCYSTIC OVARY SYNDROM (PCOS)



Udah ada sedikit gambaran kan ya tentang apa itu PCOs ?

Lalu setelah tau penyebab selama ini sulit hamil, yang aku lakukan apa aja supaya bisa hamil?

1. Konsultasi ke Dokter Kandungan Spesialis Infertilitas
Kenapa ke sub spesialis infertil? Ada banyak definisi mengenai infertilitas yang intinya adalah ketidakmampuan pasangan suami istri untuk memiliki keturunan setelah berhubungan secara rutin tanpa kontrasepsi apapun selama minimal satu tahun. Lah guwe? udah bertahun-tahun

Kalo aku konsul ke dr. Adi Setyawan, Sp.OG (K) di Klinik Restu Ibu Purwokerto. Konsultasi pertama suspect PCOs dengan melihat riwayat kesehatan dan dari hasil USG transvaginal dihari haid ke-2 dan 12 yang ternyata belum ada satupun sel telur yang matang dan siap dibuahi. Ukuran sel telur yang normal sekitar 18-24 mm.

Aku tidak ingat pastinya berapa ukuran sel telur yang berhasil aku capai. Seingatku ada bulan dimana hanya sel telur di ovarium kanan yang matang. Bulan berikutnya di ovarium kiri yang matang. Bahkan kembali kedua ovarium tidak ada yang matang. Pernah juga kedua ovarium ada telur yang matang tapi belum berhasil dibuahi. Jadi setiap konsultasi kita cari-cari sel telur ada yang matang ngga. Hahahahaaa

2. Rutin Minum Obat/ Vitamin dari Dokter
Ini yang berat kalo mau promil di dokter. Harus konsisten rutin minum obat atau vitamin yang sudah diresepkan. Waktu promil dokter, yang aku ingat, aku selalu diresepkan penyubur (profertil, kalo ngga salah) dan Metformin.

Profertil 1x1 tablet sehari selama 5 hari, diminum mulai haid hari kedua. Profertil berfungsi untuk memicu terjadinya ovulasi (pematangan dan pengeluaran telur dari ovarium).

Selain profertil, setiap kali konsultasi, oleh-olehnya sekresek Metformin, stok buat sebulan 😥 Dosis pertama kali diberikan 3x2 tablet sehari. Buat yang keluarganya ada penderita diabetes, pasti tidak asing dengan Metformin. Ya, Metformin adalah obat yang biasanya digunakan bagi penderita diabetes. Lalu kenapa saya diresepkan Metformin?

Analoginya begini, insulin harusnya menjadi kunci agar gula bisa masuk kedalam sel. Tapi insulin ini tidak membuka kuncinya dan akhirnya gula tidak masuk ke dalam sel. Karena insulin menumpuk, jadinya hormon androgen yang banyak dan menganggu proses ovulasi. Dan Metformin ini fungsinya untuk membantu kerja insulin sehingga diharapkan bisa menekan produksi hormon androgen, memperbaiki proses ovulasi dan pada akhirnya akan ada sel telur yang matang, bisa dilepaskan ke rahim, bisa dibuahi dan akhirnya bisa hamil deh. hehehee

Adakah efek samping dari minum Metformin? Bagi yang baru pertama kali minum, pasti kerasa banget efeknya, yaitu bikin mual bahkan sampai muntah. Seiring waktu, efek itu akan berkurang, karena tubuh mulai beradaptasi.

Bayangkan, saat itu, pertama kali minum dan dosisnya 2 tablet sekali minum sebanyak 3 kali sehari. Dan minum obat ini setiap hari, selama 6 bulan full. Mabooook 😖😖  Dapet tips dari salah satu grup sharing promil, untuk mengurangi efek, diminumnya berbarengan saat makan. And yes, its work for me

3. Jalani Pola Hidup Sehat
PR dari dokter sejak konsultasi pertama adalah memperbaiki pola hidup mencakup perbaikan pola makan, istirahat cukup dan olahraga. Bagi yang kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, ini wajib banget dilakuin. Karena obesitas memberikan kontribusi untuk resistensi insulin yang meningkatkan kadar androgen dan bisa membuat gejala PCOs semakin buruk.

Bahkan akupun yang saat itu dengan BB 46kg (ngga gendut kan ya?) masih juga disuruh turun BB sampe angka 41-42kg.

Lalu pola hidup seperti apa yang aku jalani?

a.  Merubah Pola Makan
Jika selama ini cenderung makan serampangan, maka sejak konsultasi dokter dan ternyata belum ada sel telur yang matang, aku terpacu untuk serius dan tidak main-main dengan program kali ini.

  • Sarapan/ makan pagi
Searching-searching tentang diet sehat, ada banyak metode dan salah satunya adalah food combining. Untuk melakukan FC total, sepertinya aku ngga sanggup. Maka aku hanya mengambil beberapa poin yang sekiranya aku yakin dan sanggup jalaninnya. Salah satunya yaitu mengawali hari dengan sarapan buah. Manfaat sarapan buah bisa dilihat disini.

Kalo manfaat yang aku sendiri rasakan yang pasti tidak ada acara ngantuk di kantor karena kekenyangan sarapan. heheheeee... Tidak juga merasakan PMS yang menyiksa seperti dulu dan yang jelas, BAB jadi lebih lancar. LOL
  • Makan Siang
Untuk makan siang, seperti makan biasanya, dengan nasi dan lauk pauk. Hanya saja, porsi karbonya sebisa mungkin dikurangi. Tapi kalo laper berat ya tetep aja buanyak. Beeuuuhh
  • Makan Sore/ Malam
Makan sore/ malam biasanya pake salad sayur/ pecel/ sop/ sejenisnya, tanpa karbo.
  • Cemilan
Cewek, mana ada c yang tahan ngga ngemil? Untuk cemilan, selain buah, juga jajan sejenis fitbar atau soyjoy, biskuit gandum, roti tawar gandum (pake selai homemade ala ala dari buah-buahan).
  • No Junk Food
Sebisa mungkin mengurangi, kalo bisa menghindari, junk food, fast food, makanan instan dan sejenisnya lah. Termasuk terigu olahan seperti mie, kue dan roti. Beberapa artikel menyebutkan untuk menghindari diary product seperti susu, keju dan yoghurt karena dapat meningkatkan kadar insulin.
Kurangi konsumsi gula juga sangat membantu. Batasi konsumsi roti manis, minuman bersoda, dan minuman berkafein seperti kopi dan teh. Stop alkohol and say no to drugs.


b.  Perbanyak minum air putih
c.  Istirahat yang cukup, mengurangi waktu lembur dan malam hari benar-benar untuk istirahat, tidur.
d.  Olahraga
salah satu mata pelajaran sejak dulu kala yang aku ngga suka ya olahraga, karena merasa aku ngga jago di bidang olahraga apapun. Paling sebel ya basket 😝
Menurut pakdok, jalan kaki setiap hari selama 30 menit sudah cukup. Minggu pertama mah iya, cemungut, pagi-pagi udah muterin kelurahan. Lama-lama males dan akhirnya cuti 😪 But sport must go on. Akhirnya ikutan aerobik 3 kali seminggu, sore hari sepulang kerja. Cucok meong. Dapet banyak keringat dan banyak temen ngrumpi. LOL.
Intinya c olahraga apapun yang mau dijalani asal suka dan ngga terbebani, bakal terasa enteng dan fun. Setelah rutin aerobik, berat badan berangsur turun dan badan terasa lebih fresh.

4.  Manajemen Stress


Stress adalah salah satu penyebab utama PCOs karena mempengaruhi sistem internal tubuh kita. Cobalah menghindari stress dengan cara melakukan hal-hal yang menyenangkan. Beristirahatlah sejenak dari rutinitas harian untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap segar. Serta selalu mencoba untuk berpikiran positif.

Positive people bring positive effect. Bergaul dengan orang yang positif akan memberi energi positif kepada kita. Join community bisa menjadi solusi. Komunitas positif tentunya, misal komunitas pehobi fotografi atau masak-masak. Hindari pergunjingan alias ngrumpi ngga jelas yang bisa menimbulkan iri dengki dan sakit hati 😆😆

5.  Ikhtiar Diiringi Doa
Memiliki keturunan adalah hak mutlak Alloh SWT. Tugas kita adalah ikhtiar semaksimal mungkin dan doa tiada henti. Bagi teman-teman muslim, bisa mencoba beberapa tips yang saya lakukan selama menunggu kehamilan :
a.  Sedekah
Mulai dan perbanyak sedekah, karena sedekah akan mensucikan harta dan diri kita. Bisa jadi rejeki keturunan kita terhambat karena harta yang kita miliki tidak kita sucikan
b.  Sholat Sunnah
Sholat fardhu sudah pasti wajib dijalankan. Selain itu, aku juga coba melaksanakan (meski tidak bisa rutin) Sholat Dhuha di pagi hari dan Tahajud di malam hari. Selain untuk berdoa memohon keturunan, juga dapat menentramkan hati.
c.  Dzikir
Dzikir bukan hanya setelah sholat. Dzikir biasanya aku lakukan kapanpun teringat, terutama saat berkendara di jalan, untuk memohon perlindungan keselamatan.
d.  Doa Nabi Zakaria
Salah satu ujian bagi manusia adalah keturunan. Pun demikian dengan Nabi Zakaria AS yang belum juga memiliki keturunan sampai usia senja. Beliaupun berdoa :

"Rabbi hablii min-ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii'uddu'a."

Artinya, "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa," (QS Ali 'Imran (3): 38).



Berapa lama aku menjalani program kehamilan sampai akhirnya dinyatakan positif hamil?
Konsultasi ke dokter selama 6 bulan full sejak Januari s/d Juni 2015, meski banyak perkembangan positif, belum juga hamil. Setelah itu istirahat ke dokter karena suami harus mengikuti diklat selama 4 bulan. Selama tidak ke dokter, semua saran dokter tetap aku jalankan yaitu menjalani pola hidup sehat seperti yang aku jembreng diatas.

Mei 2016 berencana mulai konsultasi ke dokter lagi. Alhamdulillah di bulan tersebut positif hamil dan jadinya periksa kehamilan. Nangiiissss bahagia sewaktu akhirnya dinyatakan dokter benar-benar positif hamil. 


PCOs adalah tentang ketidakseimbangan hormon. PCOs tidak bisa disembuhkan, kita hanya bisa mengendalikan sympton agar tidak semakin parah. Kabar baiknya, bagi penderita PCOs ada kemungkinan bisa memiliki bayi kembar. Karena karakteristik PCOs adalah memiliki sel telur yang banyak. Apabila suatu waktu ada lebih dari 1 telur yang matang dan sukses dibuahi, bukan tidak mungkin bisa hamil anak kembar. Wallohualam




Referensi :
Gambar dari google
http://www.kalbemed.com/Products/Drugs/Branded/tabid/245/ID/4454/Profertil.aspx
http://www.kalbemed.com/Products/Drugs/Generic/tabid/246/ID/5896/Metformin-OGB-HJ.aspx
http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/05/7-fakta-penting-polycystic-ovary-syndrome


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.