In health teknologi

CARA MUDAH PINDAH FASKES TINGKAT I BPJS KESEHATAN


Faskes Tingkat 1 BPJS adalah fasilitas kesehatan -seperti Puskesmas, Klinik dan Dokter pribadi yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan- yang harus dikunjungi pertama kali ketika ingin berobat menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Faskes tingkat 1 dipilih saat pertama kali mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan

Ada kalanya peserta BPJS ingin pindah Faskes tingkat 1, entah itu karena pindah domisili tempat tinggal, domisili kerja, tidak puas dengan pelayanan atau fasilitas Faskes tingkat 1 sebelumnya dan lain sebagainya.

Pertama kali mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan (kala itu namanya masih Askes), saya memilih Faskes tingkat 1 di Puskesmas Cilacap Selatan I yang dekat dengan rumah kost. Setelah sekarang tinggal di wilayah Cilacap Tengah, saya merasa kerepotan jika akan berobat dengan fasilitas BPJS karena lumayan jauh dari Puskesmas Faskes 1 pilihan saya. Alhasil, saya sering mendaftar sebagai Pasien Umum saat berobat di Puskesmas terdekat dengan rumah saya sekarang. Setelah sekian lama akhirnya saya memutuskan untuk pindah Faskes tingkat 1.

Dulu pindah Faskes tingkat 1 hanya bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS terdekat dengan membawa berkas persyaratan yaitu Kartu Peserta BPJS, Fotocopy KTP, KK dan Form Perubahan Data. Bagi saya ini cukup merepotkan karena lumayan menyita waktu untuk antri dsb. Ini pernah saya alami sewaktu mengganti Faskes tingat 1 Mbahnya Arsa, karena kesalahan waktu pemilihan Faskes tingkat 1 di awal pendaftaran 🙈

Jadi kemarin udah yang merasa males banget mau ngurus pindah Faskes 😁 Eh, nyatater sekarang ada fasilitas dari BPJS Kesehatan untuk pindah Faskes tanpa antri, tanpa remfong, dengan menggunakan Aplikasi MOBILE JKN. Hoorrraayyyy 👏👏👏 Sumpeh ini membantu banget buat mamak-mamak pemalas macam saya.

Cara Pindah Faskes Secara Online dengan Aplikasi Mobile JKN


1.  Download aplikasi Mobile JKN di Google Play Store, kemudian install pada smartphone anda 


2. Registrasi di Aplikasi Mobile JKN

Buka aplikasi Mobile JKN dan lakukan registrasi dengan memasukkan data : Nomor Kartu Peserta BPJS Kesehatan, Nomor Induk Kependudukan (KTP), tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat e-mail, nomor HP dan Password.

Setelah semua data terisi, masukkan kode verifikasi yang dikirim ke e-mail atau nomor HP anda. kemudian login dengan menggunakan Nomor Peserta BPJS atau e-mail anda dan password yang anda buat sebelumnya.

3. Ubah Faskes Tingkat 1

Pada menu utama, pilih "Ubah Data Peserta"




Setelah itu pilih anggota keluarga yang akan dipindah Faskes tingkat 1


Pada kolom "Faskes 1" pilih Faskes 1 (Puskesmas/ Klinik/ Dokter) pengganti



Pilih nama Provinsi, Kota/ Kabupaten dan Fasilitas Kesehatan yang baru, kemudian klik "Simpan"






Jika muncul peringatan berikut :



artinya Faskes tersebut sudah penuh, anda bisa memilih Faskes tersebut dengan resiko antrian penuh atau bisa juga memilih faskes lainnya.

Tekan tombol Tidak, jika tetap ingin memilih faskes tersebut, atau tekan tombol Ya untuk memilih lagi faskes terdekat lainnya.

Jika Faskes sudah dipilih, maka aplikasi akan mengirim kode verifikasi ke e-mail atau nomor HP anda yang sesuai dengan nomor HP pada saat registrasi mobile JKN. Masukkan kode verifikasi tersebut.

4. Kartu e-ID BPJS Kesehatan

Setelah proses verifikasi selesai, maka pengajuan pindah Faskes tingkat 1 anda akan aktif secara online per tanggal 1 bulan berikutnya.

Jika akan berobat, anda bisa menunjukkan softcopy Kartu Peserta BPJS Kesehatan (e-ID) ke Faskes tingkat 1 yang baru.



Pemegang e-ID tidak dikenakan kewajiban untuk mengganti e-ID dengan kartu BPJS Kesehatan (informasi ini tercantum di e-mail e-ID dan informasi dari petugas di kantor BPJS Kesehatan). Namun apabila ingin mencetak kartu BPJS Kesehatan dengan Faskes Tingkat 1 yang baru :
Pada menu utama, pilih "Kartu Peserta"  dan kirim e-ID tersebut ke e-mail anda, kemudian download dan bisa dicetak sendiri dengan kertas biasa.

5. Catatan

Yang perlu diperhatikan saat perubahan data Faskes adalah :
-  Pindah Faskes tingkat 1 hanya dapat dilakukan ketika usia kepesertaan anda minimal sudah 3 bulan sejak pendaftaran awal sebagai peserta BPJS Kesehatan. Atau usia dari pindah Faskes sebelumnya sudah 3 bulan. Artinya pindah Faskes hanya bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali. Kurang dari itu, akan ditolak oleh sistem.


-  Setelah peserta melakukan pindah Faskes secara  Online, maka Faskes yang baru akan berlaku dan bisa digunakan  pada tanggal 1 di bulan berikutnya. Sebelum Faskes baru berlaku, peserta tetap bisa menggunakan layanan pada Faskes yang lama.

Selain untuk perubahan data Faskes, aplikasi Mobile JKN ini juga bisa digunakan untuk melihat jumlah tagihan, informasi pembayaran, riwayat pelayanan, skrining kesehatan, informasi seputar layanan JKN, pengaduan keluhan/ pertanyaan, dan lain-lain.

Demikian langkah-langkah untuk pindah Faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan secara online. Semoga membantu 😊


Salam hangat,

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.