In food and travel

Dari Bus Hingga Kereta Api, Inilah Pilihan Moda Transportasi Antara Cilacap-Purwokerto



Banyumas dan Cilacap adalah dua kabupaten yang berada di wilayah bagian barat provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Banyumas berada di sisi selatan Gunung Slamet, sementara Kabupaten Cilacap berada di sepanjang pesisir pantai selatan. Sebagai kabupaten yang berdekatan dan berbatasan, keduanya memiliki kultur budaya yang bisa dikatakan sama. Dari bahasa sampai makanan.

Mobilitas penduduk antar dua kabupaten tersebut bisa dibilang cukup tinggi baik karena pendidikan (sekolah/ kuliah), perdagangan, perindustrian maupun alasan lainnya. Tidak sedikit pula warga Cilacap yang bekerja di Purwokerto dengan dilaju dan begitupun sebaliknya.

Jika dulu transportasi kebanyakan mengandalkan bus antar kota, saat ini sudah banyak pilihan moda transportasi yang bisa dipilih. Khususnya dari kota Purwokerto ke kota Cilacap.

Berdasarkan pengalaman sebagai semi-laju, berikut beberapa alternatif transportasi yang bisa dipilih, selain kendaraan pribadi.

1. Bus Antar Kota

Bus adalah transportasi umum yang sudah ada sejak dulu dan tetap eksis sampai sekarang. Paling sering lihat, sampai apal warnanya adalah si orange Bus Keluarga 😂

Ada tiga jalur bus yang bisa pilih dari Purwokerto ke Cilacap dan sebaliknya. Jalur timur lewat Banyumas-Kroya-Buntu-Sampang-Maos-Cilacap. Jalur tengah lewat Patikraja-Rawalo-Menganti-Kesugihan-Cilacap. Jalur barat lewat Ajibarang-Wangon-Jeruklegi-Cilacap.

Dengan armada bus 3/4, kebanyakan beroperasi mulai jam 5 pagi dengan tarif kisaran 25.000. Meskipun murah, saya pribadi belum pernah naik bus, you know why lah 🙈 Waktu tempuh sekitar 2 jam atau bahkan lebih. Karena mesti bolak balik angkut-turun penumpang di jalan.

Baca juga : Whats on My Bag, 5 Penghuni Tetap Tas Saya 

2. Taksi

Kalo mau cepat sampai, one way gitu, bisa pake taksi. Mau taksi konvensional atau taksi online, tarif bervariatif mulai 200K dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.


Selama masa pandemi, saya lebih sering naik taksi online. Ngerasa lebih safety aja c karena kan sendirian, ngga ada penumpang lain. Jadi mengurangi interaksi dengan orang asing yang kita ngga tau riwayat perjalanan atau kesehatannya. Paling ngga meminimalisir resiko lah.

3. Travel

Ini moda transportasi favorit saya. Selain karena nyaman, juga karena antar jemput dari dan ke alamat sesuai pesanan. Jadi tidak perlu berganti angkutan lainnya. Tapi kalo saya c masih tetap harus nyambung lagi karena Purwokerto-nya di puncak, lumayan shay ongkos tambahannya 😂 . Saat ini sudah banyak perusahaan travel yang beroperasi dengan rute Cilacap - Purwokerto PP.

a. Nusantara Travel

Bisa dibilang ini seniornya travel jurusan Cilacap-Purwokerto. Sudah ada lama sejak sebelum perusahaan travel lainnya buka. Ngga paham juga c sekarang masih eksis apa ngga. Saya baru satu kali naik karena travel lain udah full booked 🙈

Kalo mau tau info lengkap atau mau sekalian reservasi, kalian bisa telpon atau datang langsung ke agennya, yaitu :

Agen Purwokerto
Alamat : Jl. Jendral Sutoyo No. 63 Purwokerto
Telpon : 0281-637607

Agen Cilacap
Alamat : Jl. Perwira Cilacap
Telpon : 0282-533301

b. Qyta Trans Travel

Angkatan pertama dimulai jam 5 pagi dan terakhir jam 9 malam (jadwal sebelum pandemi). Dengan armada yang cukup banyak, setiap jam travel ini melayani penumpang jurusan Purwokerto-Cilacap PP. Saat peak time, kadang saya kehabisan seat.

Armada yang digunakan kebanyakan Mobilio atau Innova dengan tarif 45K. Tarif tambahan dikenakan bagi penumpang dengan jemputan atau antaran di luar kota. Besaran tarif tambahan tersebut sudah ditentukan. Misal saya, untuk sampai langsung ke rumah di Baturaden kena tambahan 35K. Nah kan sayang, mending naik gojek atau gocar kisaran 20K sisanya buat beli chocolatos dapet banyak 😂

Selain Purwokerto-Cilacap PP, travel ini juga melayani jurusan ke kota lain seperti Semarang, Blora, dll.

Untuk reservasi, kalian bisa menghubungi :

Agen Purwokerto
Alamat : Jl. HR Bunyamin (Unsoed) Purwokerto
Telpon : 0281-641333

Agen Cilacap
Alamat : Jl. Gatot Subroto Cilacap
Telpon : 0282-531666

Selain lewat telepon, kalian juga bisa reservasi melalui whatsapp di nomor 0811-2600-536 atau melalui aplikasi MobilTravel. Ah ya, untuk anak diatas 3 tahun, sudah bayar full seat ya.

c. Walim Trans

Walim Trans seangkatan dengan Qyta Trans, kira-kira mulai beroperasi di tahun 2010 atau 2011 awal-awal saya tinggal di Cilacap. Dengan menggunakan armada Wuling, travel ini mulai penjemputan pertama di jam 06.00, 09.00, 12.00, 15.00 dan 18.00 baik untuk keberangkatan dari Cilacap maupun dari Purwokerto. 

Bagi yang akan melakukan reservasi, kalian bisa menghubungi :

Agen Purwokerto
Alamat : Jl. Kober No. 134 (depan pasar Kober) Purwokerto
Telpon : 0856-4797-1099

Agen Cilacap
Alamat : Jl. RE Martadinata 146 Cilacap
Telpon : 0282-521576

Walim Trans juga melayani jasa ekspedisi/ paket Cilacap-Purwokerto dan bisa diantar sampai ke alamat tujuan.

d. Oke Trans

Oke Trans merupakan agen perjalanan terbaru rute Cilacap-Purwokerto yang beroperasi sekitar tahun 2017. Dengan armada Calya, sudah pasti kenyamanan anda terjamin dengan layanan door-to-door service. Penjemputan dimulai jam 05.00, 09.00, 12.00, 15.00 dan 19.00 baik dari Purwokerto maupun Cilacap. Tarifnya 40K termasuk free air mineral dan snack, lumayan buat ngemil di jalan 😁

Buat yang mau reservasi, bisa langsung ke :

Agen Purwokerto
Alamat : Jl. Merdeka Gg. I No. 30 Kranji Purwokerto Timur

Agen Cilacap
Alamat : Jl. Karang Kamulyan No. 27 PPC Cilacap Selatan

Telpon : 0857-2658-5296, 0812-2947-5775
WA : 0857-2659-5296

4. Kereta Api

Selain moda transportasi yang disebutkan di atas, kalian juga bisa lho bepergian dari Cilacap ke Purwokerto dan sebaliknya dengan kereta api. Atau sekedar nyenengin si kecil dengan naik kereta api jarak dekat. Arsa seneng banget sama kereta api, jadi kadang saya juga mudik ke Purwokerto naik kereta api dari Stasiun Cilacap.  


Dengan tarif khusus untuk tempat duduk kosong atau idle seat, kalian bisa menikmati perjalanan di atas rel hanya dengan 25K. Tapi belinya 2 jam sebelum jadwal keberangkatan ya, supaya dapet tuh tiket murahnya. hehehehe... Tiket bisa dibeli di loket stasiun atau melalui kanal eksternal selama tiket masih tersedia. Untuk waktu tempuh sebenarnya sama dengan angkutan lainnya, sekitar 2 jam karena harus ke Stasiun Kroya dulu. 


Ternyata banyak pilihan juga ya untuk bepergian antara Cilacap dan Purwokerto. Ngga perlu bingung lah ya kalo mau nge'mall atau mau mantai tapi ngga bisa bawa kendaraan sendiri 😂 Tinggal pilih aja mau naik bus, taksi, travel atau kereta api. Apapun pilihan moda transportasinya, di tengah pandemi gini - biarpun sudah new normal - tetap jaga protokol kesehatan ya.


Happy travelling,

- Bunda Arsa -

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.