In family food and travel parenting tips

#DiaryAyahArsa : Ngemall Bareng Bayi


Purwokerto (8-10-2017) - Liburan yang nyaris gagal sebenarnya, gara-gara tiket kereta yang tuk baliknya sold out (libur panjang*). Alhamdulillah dapat cancelan tiket & ayah bisa pulang my #babyarsa. Biasa, waktu tempuh normal 5 jam serasa lama karena rindu ini butuh ketemu. Lebay ah #ayaharsa! hahaha, gpp nyatanya kamu ngangenin sih nak. 
Dan taraaa.... Capek ini pun lenyap entah kemana saat buka pintu rumah #babyarsa udah ketawa girang lihat ayahnya yang ganteng (menurut emaknya sih) datang. Buru-buru deh ambil air wudhu (abis perjalanan jauh, takut ada makhluk kasat mata yang nempel xixixi) & tak menunggu lama #babyarsa udah nemplok digendanganku. 

Jarum jam sudah menunjukkan pukul 21.00 dan #babyarsa yang biasanya terlelap masih ngajak bercanda ayahnya, kangen ya nak?
Pukul 5 pagi jagoanku bangun. Senyum lebar menyapa ayah & bundanya. Pagi yang spesial bagi #babyarsa & Kami tentunya. Karena tidak setiap pagi kami bisa terbangun dalam satu ranjang. Tak tunggu lama karena ayah gak bisa lama-lama 😢, kita olah raga pagi jalan kaki beli jajan pasar kesukaan bunda (onde-onde). Ya lumayan bakar kalori lah walaupun sesampainya di rumah langsung timbun lagi. Hahaha
Sebelum berangkat sekolah Adel, adik sepupunya #babyarsa (tapi maunya dipanggil mba 😁), "Pade nanti kita ng'mall yaa"."ya boleh" jawabku. sebenarnya lumayan trauma juga sih coz ng'mall sebelumnya #babyarsa nangis kejer gak mau diem & itu harus mendatangkan mbahnya tuk mbujuk agar bisa diem. 
#Babyarsa adalah bayi mall, sejak masih di dalam perut, sudah bolak balik ngemall. Walopun sebenarnya sudah dilarang, tapi ya namanya juga nyenengin istri yang lagi hamil yang butuh piknik.

Kalo memungkinkan bayi mending ditinggal di rumah sama nenek atau pengasuh. Tapi kalo memang terpaksa dan pengen dibawa, persiapannya mesti maksimal. Berikut tips dan strategi dari kami ketika mau bawa #babyarsa ngemall atau pergi jalan :
1. Pastikan kondisi bayi sedang sehat
Walaupun indoor, mall bukanlah tempat yang sehat untuk bayi. Segala jenis manusia berbaur entah dari mana asalnya, bagaimana kondisi dan riwayat kesehatannya. Sudah bisa dipastikan udara di mall mengandung berbagai jenis bakteri dan virus yang gampang banget nemplok apalagi ke bayi yang masih fragile. Jadi sebelum ngemall pastikan kondisi bayi fit dan sehat. Tidak sedang demam, pilek atau flu.
2. Bayi sudah kenyang dan cukup istirahat (tidur) sebelum pergi
Bayi rewel itu macem-macem penyebabnya. Salah duanya lapar dan ngantuk. Jadi sebelum berangkat, susui atau beri makan bayi dulu. Karena ketika perut kenyang, hatipun ikut senang (slogan kita sama ya Sa)
Dan tidak perlu buru-buru terpatok jam sekian harus berangkat. Beri waktu ke bayi untuk tidur terlebih dahulu. Karena bayi kalo sudah ngantuk dan cranky, berat bro...
#babyarsa mulai cranky
4. Siapkan bekal untuk bayi
Kalo masih ASI eksklusif, pastikan ibunya dibawa. hehehe
Kalo bayi sudah mulai makan, siapkan bekal sesuai jadwal makan. Misal kira-kira ngemall dari siang sampe sore, maka perlu bawa menu makan siang dan cemilan selingannya. Kasian kan nanti kalo yg lain enak-enak makan, #babyarsa cuman ngemut jempol 😳
 Yang lain maemnya pizza, #babyarsa maem puree mangga

Selain makanan dan minuman, bawa juga keperluan standar bayi. Seperti diapers, baju ganti, minyak telon, tisu basah dan kering, topi dan jaket. Bawa juga tempat khusus, bisa kantong plastik buat tempat baju kotor, peralatan bekas makan atau buat bungkus diapers yang abis dipakai.

Biar gampang dicari, semua perlengkapan itu ditaroh di satu tas khusus perlengkapan bayi. Tugas ayah adalah membawanya dan seringkali masih ditambahi tas punya istri. Ada yang senasib?

4. Atur Rute yang Mau Dilewati
Misal berencana ke beberapa tempat, petakan terlebih dahulu rute yang mau dilewati dan mau kemana saja. Kalo sekiranya tidak urgent ya tidak perlu semua tempat yang dipinginin terus disambangin. Supaya tidak bolak balik di jalan dan si bayi jadi lebih lama terpapar panas, udara atau debu, kami ambil jalur dan tempat tujuan yang searah saat berangkat dan pulang. Kami biasanya menuju ke tempat yang sekiranya hasil bawaannya tidak terlalu banyak terlebih dahulu agar tidak perlu oyang oyong barang kemana-kemana.

Seandainya cukup pergi di satu tempat, mall misalnya, tetap atur urutan tempat tujuan. Kalo tujuannya mau belanja bulanan, ya ke supermarket dlu. Baru setelahnya ke tempat lain, dengan tetap memperhatikan mood bayi. Kalo sekiranya bayi sudah rewel, nangis dan ga betah, mending pulang saja.
5. Pilih-pilih Mall
Yang pertama terlintas adalah cari mall yang ada nursing room-nya buat menyusui dan ganti popok. Nursing room juga sangat membantu ketika bayi menunjukkan tanda-tanda mulai cranky. Bawa ke nursing room yang relatif tenang, susui bayi dan bangun kembali mood-nya. Kalo di Mall ini ada di Dunia Anak lt. 1 & samping ATM Center dekat supermarketnya. 

Sofa di sudut nursing room yang nyaman banget buat menyusui atau meletakan bayi supaya bisa meregangkan tubuh
Biar bayi/ anak tidak terlalu bosan, pilih mall yang ada playground-nya syukur-syukur yang gratisan. Jadi yang buat masuk ke tempat bermain bisa buat jajan bakso ayah bundanya. 
Selain itu, pilih juga mall yang relatif luas. Kalopun sedang kondisi ramai, masih banyak space kosong yang bisa dilalui buat jalan atau istirahat sejenak.
6. Bawa Baby Carrier
Jangan lupa bawa baby carrier, baik stroller atau gendongan jadi ayah bunda tetap bisa shopping-shopping dan bayipun tetap nyaman. Pertama kali bawa #babyarsa ngemall (usia 40 hari) bawa stroller. Miapa? Demi bisa ngrasain kaya orang-orang, ngemall sama bayi pake stroller. wkwkwkwwk.... Alasan yang absurd sungguh. Yaaa namanya anak pertama dan lama nunggunya jadi apa-apa dibeli termasuk si stroller yang ternyata sekarang udah jarang kepake, hehehe

Pertamax bawa #babyarsa ngemall (usia 40 hari)
 
Kalo naroh bayi di stroller, ingat ingat untuk selalu diawasi. Ketika usia masih bayi banget, lebih baik bayi dihadapkan ke kita agar kita bisa melihat ekspresi bayi apakah senang, nyaman atau malah terlihat gelisah dan menangis. Selain itu, saat memakai eskalator, harus hati-hati dan waspada. Kalo mau naik, stroller terlebih dahulu dan kita ada dibawahnya sambil tetap dipegang dan diawasi. Kalo mau turun, kita dulu baru stroller, jadi posisi kita ada di depan stroller. Jangan kebalik ya, bisa bisa njungkel. hehehe

Ada atau tidak ada stroller, tetap bawa gendongan. Karena senyaman-nyamannya tempat bagi bayi adalah di dekapan ibu atau ayahnya. 
 Nyaman bgt kalo digendong gini sama bundanya
6. Jadi Ayah Siaga
Jadi bodyguard untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan bayi dan istri. Jangan sungkan untuk membawakan bekal atau hasil belanjaan. Bergantian menjaga bayi dan beri kesempatan buat istri untuk bisa benar-benar refreshing setelah berhari-hari mengurus bayi dan rumah, dan kerjaan di kantor juga. Ketika kita sudah selesai makan, segera ambil alih tugas menjaga bayi dan beri kesempatan istri untuk juga bisa menikmati makan dengan tenang.

Selalu sigap membantu istri saat kelihatan kesusahan tanpa perlu menunggu dia meminta pertolongan. Misal ketika akan menggendong bayi atau akan mengganti diapers atau hal sepele seperti mengambilkan air minum walopun tidak meminta.


 Bikinnya berdua, ngurusnya juga harus berdua

Ternyata gak sia-sia persiapan maximalnya, #babyarsa lebih menikmati malah excited bgt. Mulai dari book store, arena bermain di baby shop & di supermarketnya pun #babyarsa enjoy cuma waktu makan pizza aja karena ditinggal ayah nganterin Adel les English kelamaan jadi agak rewel namun akhirnya bobo pules disana 😁. 
Di baby shop #babyarsa udah pandai ngerayu mba2 security (tau aja security-nya syantik Sa...), di supermarket ngerayu ayahnya dengan senyuman mautnya minta diecast Mobil. Eh pas udah mau pulang pakai acara ngambek gak mau pulang minta bolak-balik naik eskalator sampai berkali-kali 😂. Alhamdulillah setelah naik-turun eskalator ada 5x #babyarsa mau diajak pulang. 
Ya begitulah liburan Kami. Cukup sederhana namun cukup bermakna bagi Kami. Karena Bahagia itu Sederhana, Kumpul bareng anak - istri.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.