In blogging BPN Challenge food and travel

Dari Mie Ayam Sampai Martabak, inilah 5 Tempat Makan Dijamin Enak dan Murah Meriah


Ngomongin soal makanan ga bakal ada abisnya selama manusia masih doyan makan 😅 Dunia kuliner terus berkembang dan penuh inovasi. Dulu yang namanya bakso yang gitu-gitu aja. Taunya bakso kecil sama bakso gede yang isinya telor. Sekarang ada bakso keju, bakso beranak dan pernah lihat di TV juga bakso klenger dengan berat sampe 5kg. Aduh itu bakso apa bola bowling, buat makan orang se-RT cukup tuh.

Tempat makanpun terus menjamur hampir di seluruh penjuru kota. Coba tengok daerah kampus Unsoed. Kalo dulu kebanyakan adalah rental komputer dan warnet, sekarang penuh dengan cafe dan resto. Bahkan daerah GOR Satria sekarang jadi pusat kuliner. Dari ujung barat sampe timur, tempat makaaannn semua.

Di Cilacap juga demikian. Tahun ini, kuliner di kota markasnya PSCS tersebut juga mulai menggeliat. Tidak pusing lagi cari tempat makan enak dan murah di Cilacap.

Kalo ada tempat makan baru, samperin, icipin. Itu dulu, dulu lho ya jaman masih berdua aja. Sekarang mikirnya mending buat beli stok diapers sama jadwal imunisasi 😅

Kalo soal makan, selera saya mudah, ga neko-neko, yang penting enak dan bikin kenyang. Ga harus mahal juga. Nih saya bocorin makanan favorit saya sekaligus tempatnya di Purwokerto dan Cilacap (2 kota tempat saya tinggal), jadi kalo mau ntraktir saya ga perlu bingung #eh

1. Mie ayam

Kuliner jenis mie favorit saya yang utama adalah mie ayam. Kenal mie ayam pertama kali di Brebes (leluhur saya asli Brebes). Kenalnya mi pangsit. Seporsinya full semangkok jago, dan saosnya banyak bgt hampir nutupin mi. Apa dulu karna masih kecil ya jadi porsi segitu berasa banyak bgt 😅

Tapi favorit saya adalah mie ayam Q Jumadi di desa Nusaaren Nusawungu. Mie ayam ini enaknya kebangetaaaannn, dan saya nobatkan sebagai mie ayam terenak sedunia. *nulis sambi ngiler* 🤤


Porsinya pas, bukan yang semangkok jago mundung mundung. Ketebalan dan kekenyalan mi juga pas. Yang bikin beda sama mie ayam lain, dia pake sambel kacang jadi pasti buket. Istimewanya lagi, potongan ayamnya gede gede, mantep dah. Kalo kurang nendang, bisa request extra ceker.

Dari jaman pacaran sampai sekarang, ini tetap jadi primadona buat saya dan suami. Meski sudah buanyak mie ayam yang kami coba, posisi mie ayam kakine (julukan kami) belum tergoyahkan.

Tempatnya memang di pelosok desa, lumayan masuknya dari jalan gede. Tapi setiap kesitu selalu rame. Kalo mau mampir jangan kesorean, jam 3 aja kadang udah kukudan. Dan dongkol banget rasanya kalo udah jauh-jauh kesitu malah udah abis, zonk.

Mie ayam selezat ini bisa kalian nikmati seharga 8.000 per porsi. Udah enak, kenyang, murmer. Wes happy lah pulangnya.

Alternatif kalo mau ngajak saya ngemie ayam adalah di depan Borobudur Plaza Cilacap yang bukanya sore sampai malam 😁

2. Bakso

Siapa yang ngga kenal bakso?? Bisa dibilang ini makanan favorit sejuta umat 😅 dimana-mana pasti ada, gampang carinya. Mau dinikmati saat hujan atau panas, tetap saja nikmat. Bakso is never wrong.

Warung bakso favorit saya, mungkin sebagian besar orang Purwokerto adalah Bakso Pekih 😁 Tidak perlu dideskripsikan lagi lah ya soal rasa, juara, bakso atau kuahnya.

Disini bisa kalian pesan bakso polos, bakso urat, bakso tetelan, bakso telor dan kombinasi mereka. Favorit saya bakso tetelan, dan bagian kesukaan saya adalah gajih 😁

Warung bakso yang terletak tidak jauh dari Alun-alun Purwokerto ini hampir tidak pernah sepi pembeli, selalu rame. Tapi tidak perlu khawatir, cepet koq pelayanannya. Dulu warungnya masih sepetak, dindingnya masih dari gedeg (anyaman bambu) dan full tertutup kalender dari berbagai nama toko emas 😅 dan saya inget banget ada poster GIGI disitu 😁

Kayanya ini bakso legend di Purwokerto. Semboyan Bapak saya, belum pulang ke Purwokerto namanya kalo belum makan di Bakso Pekih. Deeuuhh segitunya beh 😝

Harganya? Kalo ga salah sekarang sekitar 14.000 per porsinya. Maklum, sekarang kan yang bayarin ayahnya Arsa, jadi ga apal 🤣

Selain Bakso Pekih, favorit saya di Bakso PDAM Lama. Ga jauh juga dari pekih. Biasanya kalo pekih lagi full, larinya kesini dan disini tetelannya banyaaakk 😁

3. Soto

Bagi saya, makanan berkuah semacam bakso dan soto enaknya pake lontong atau ketupat. Prinsip ini saya pegang terus sampe sekarang. Kecuali untuk kuliner yang satu ini. Soto Semarang Jalan Kalimantan Cilacap.

Warung soto ini berlokasi di Jalan Kalimantan, dari terminal Cilacap ke timur arah Pantai Kamulyan (saya masih beranggapan ke selatan, mana c yang bener?). Tepatnya depan Perum Taman Gading.


Kamu bisa menikmati semangkok soto kuah seger ini seharga 8.000 saja. Kurang kenyang, bisa tambah aneka gorengan dan sate. Favorit saya sate kerang dan sate telor puyuh.

Dan saya baru tahu, ternyata kalo Jum'at pagi kalian bisa makan disini, free semua menu 😅 Semoga dagangannya makin laris dan barokah ya bapak/ibu 🙏

Kalo lagi tutup, kalian bisa ajak saya ke Soto Sokaraja depan DPRD Cilacap. Rasanya top markotop untuk jenis soto sokaraja.

FYI, sekarang warung-warung yang sebelumnya berjejer di jl Kalimantan tersebut, ngumpul di satu lokasi. Jadi kalo pengen varian kuliner lain juga ada. Sop buntut, bakso, bubur ayam, pempek dan Es Pak San yang meleganda juga ada. Kecuali kalian pecinta Mi Ayam Pak Wal, gesernya jauh di jalan lingkar.

4. Ayam Goreng

Ayam goreng bisa dibilang menu wajib di setiap tempat makan. Selain mudah pengolahannya, juga banyak penggemarnya. Dari ayam goreng biasa sampe ayam goreng crispy semacam KFC.

Favorit saya adalah Ayam Goreng Mbok Sol. Mbok Sol adalah nama penjualnya jadi terkenalnya ya ayam mbok sol. Ini bukan nama warung makan. Mbok Sol tidak menjual ayam gorengnya sebagai menu di tempat makan. Beliau jualan ayam goreng di Pasar Rempoah 2 (lebih terkenal sebagai Pasar Mijen) dan Pasar Cerme Purwokerto.

Lapak Ayam Goreng Mbok Sol di Pasar Mijen

Rasa ayam gorengnya konsisten, sejak saya masih kecil sampai sekarang punya anak kecil. Luarnya gading tapi dalemnya empuk. Srundengnya juga endeus banget, dari campuran kelapa dan burus. You know burus? Burus is batang pohon bunga kecombrang.

Cara masaknya masih tradisional banget, pake tungku dan kayu bakar. Mungkin ini salah satu rahasia kenikmatannya. Lho koq tau?

Iyes, karna kita sekampung di Kebumen, Baturaden 😅 Hampir setiap mudik saya ngga pernah absen makan ayam goreng ini. Apalagi belinya pas baru ngangkat dari wajan, masih panas, pake nasi anget. Masya alloh, nikmat mana yang kau dustakan.

Selain ayam goreng, Mbok Sol juga jualan opor ayam (saya nyebutnya empal) yang isinya adalah balungan ayam (sayap, ceker atau kepala), tahu dan telor.

Harganya bu? Murce. 10.000 dapet 3 potong daging ayam ples srundeng yang melimpah.

Berhubung jualannya pagi, jadi kalo kamu mau traktir saya di siang atau sore hari, bisa ajak saya ke Ayam Goreng Tantene di kompleks Unwiku atau Kutasari. Ayam goreng ini andalan saya kalo pengen makan enak dan murmer di Purwokerto. Ga sampai 50.000 udah kenyang berdua sama suami. Yang bikin enak di sini adalah sambelnya 😁

5. Martabak

Abis makan yang berat, enaknya ngemil yang manis. Jajan favorit saya, martabak. Tapi bukan markobar yang fenomenal itu, saya malah belum pernah nyicipin, ga ada di Cilacap dan Purwokerto 😂

Kalo soal martabak, masih jadi favorit saya adalah Martabak Coklat Keju di Martabak "Legit" yang salah satu outletnya di depan kompleks SPN Purwokerto.
Pic source : @legitmartabak

Padahal sudah banyak ya outlet martabak dengan menu "premium" pake filling nutella, tobleron, silverqueen, rasa green tea, red velvet dll. Tapi koq rasanya ngga pas di lidah saya. Jadi baliknya ya ke selera asal, martabak coklat keju 🤣🤣

Nah, martabak di "Legit" ini menurut saya pas tidak terlalu kering dan tidak pula terlalu berminyak, dan manisnya juga pas ngga yang nyegrak. Mulai 25.000 kamu bisa icipin martabak dengan berbagai varian filling.

Itu dia 5 tempat makan idola saya. Bicara makanan adalah soal selera. Tidak ada rasa yang absolut karena beda orang, beda lidah.

Masih banyaaak jenis makanan dan warung makan favorit saya. Tapi saya bocorin top 5 dengan harga yang paling ramah di kantong. jadi, kapan kita makan-makan? 😁

Salam kunyah,



Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.