In blogging BPN Challenge k-drama review

5 Drama Sageuk yang Bikin Susah Move On


Ada yang berpendapat bahwa drama kolosal dan sejarah itu bikin jenuh karena ceritanya yang berat dan serius. Hidup saja sudah berat masa nonton drama juga bikin mikir 😁😁 Tapi bagi pecinta K-Drama genre sageuk, hal tersebut tidak berlaku. Kalo ada trailer sageuk baru pasti langsung penasaran dan nunggu kapan rilis.

Saya salah satu pecinta drama sageuk atau drama korea yang berlatar dan bercerita tentang jaman kerajaan di korea (Silla/Goryeo/Joseon). Tema yang diangkat, plot, setting, kostum, make up dan sinematografi, semuanya digarap secara total.

Tidak melulu soal kerajaan, peperangan dan perebutan kekuasaan. Ada juga nuansa romantis, action, komedi, fantasi, kadang juga horor 👻👻

Untuk memilih drama sageuk yang saya rekomendasikan jujur saja susah karena semuanya bagus 😁  Tapi karena challenge'nya suruh nyebutin 5, okelah saya kasih daftar top 5 drama sageuk yang susah bikin move on.

1.  Mr. Sunshine

Drama ini berlatar tahun 1900an, era menjelang Korea Selatan jatuh ke jaman penjajahan Jepang. Jadi masa peralihan dari dinasti Joseon ke masa modern.


Menceritakan tentang seorang anak bernama Choi Yu-Jin (Lee Byung Hun) yang harus menyelamatkan diri sampai ke Amerika. Di negeri Paman Sam tersebut, Yu-Jin bertahan hidup hingga akhirnya bisa menjadi tentara maritim Amerika dengan nama Eugene Choi.

Suatu saat Eugene Choi ditugaskan di kampung halamannya, Joseon dan bertemu dengan Go Ae-Shin (Kim Tae Rin) dan keduanya akhirnya menjalin cinta yang cukup complicated. Karena ada
Kim Hui-Seung (Byun Yo Han) anak konglomerat tunangan Ae-Shin yang juga seorang playboy dan Gu Dong Mae (Yoo Yoon Seok) pendekar samurai yang menaruh hati pada Ae-Shin sejak kecil serta Hina Kudo/ Lee Yang Hwa (Kim Min Jung) seorang janda jepang pemilik hotel yang menaruh hati pada Eugene, tapi TTM'an sama Gu Dong Mae dan akhirnya dijodohkan dengan Hui-Seung 🤣🤣


Drama yang ditulis Kim Eun Sook (Descendant of The Sun, Goblin) tidak melulu soal cinta. Ae-Shin yang merupakan putri bangsawan terkemuka dan jago tembak, menjadi relawan milisi dalam melawan penjajahan negerinya. Gu Dong Mae dan Hina Kudo yang berdarah Joseon dan akhirnya berkewarganegaraan Jepang yang menjajah negara asalnya. Lalu Eugene yang menyimpan dendam pada negeri leluhurnya serta acuh dengan apa yang menimpa Joseon.

Dikabarkan biaya produksi drama ini mencapai 600 miliar rupiah. Wouw emejing. Ga heran kalo hasilnya sangat memuaskan dari segi cerita, pemain, sinematografi, semuanya.


Kisah cinta yang dramatis dan mengenaskan bikin drama ini sukses bikin baper dan susah move on. Yang nyebelin dari drama ini, tidak ada scene kisseu 😅 dan kenapa ketiga cowo ganteng itu harus mati 😭😭

Ngomongin drama ini bakalan puanjang, kalian bisa baca review saya di postingan saya sebelumnya.

Baca juga : Mr. Sunshine : Cinta Antara Bangsawan, Budak dan Jagal

2. Moon Lovers : Scalet Heart Ryeo

Magnet utama dari drama ini tentu saja kehadiran para pangeran tamvan. Bukan satu atau dua, tapi tujuh 😍 sepanjang cerita mata seger terus dah 😅


Pertama nonton udah kepikiran, Ini pangerannya banyak banget bahkan ada Pangeran ke-14 😱 gimana mbedainnya ntar? Sempet kepikiran ini ibunya tiap tahun hamil apa ya? Eh ternyata mereka saudara satu bapak tapi beda ibu-ibu 😅 Raja mah bebas mau nikah berapa kali jg 🙊

Moon Lovers bercerita tentang seorang gadis bernama Ha-Jin (IU) yang secara tiba-tiba terlempar dari abad 21 ke 1.100 tahun lalu di masa pemerintahan Raja Taejo Wang Geon yang merupakan raja pertama Goryeo, dan hidup sebagai Hae-Soo.

Hae-Soo yang ceria, baik hati dan suka membantu siapapun membuat para pangeran menyukainya, bahkan sang Raja pun berniat menikahinya 😱

Setelah berhasil menggagalkan pernikahannya sendiri dengan raja, Hae Soo justru diangkat sebagai dayang di istana Damiwon. Kerja kerasnya membawa dia meraih posisi dayang kepala.

Cerita berkutat seputar perebutan kekuasaan antar saudara. Ya gimana ngga rebutan, anaknya banyak gitu 😅

Sebenarnya Raja Taejo sudah menunjuk Putra Mahkota Wang Moo (Kim Sa Ho) sebagai penerusnya. Tapi mendapat tentangan dari istrinya sendiri Ratu Yoo dan anaknya Wang Yo, Pangeran ke-3 (Hong Jong Hyun).

Putra Mahkota kemudian meminta bantuan adiknya Wang So, Pangeran ke-3 (Lee Joon Ki) sebagai pelindungnya.

Wang So dan Wang Yo adalah saudara kandung sebapak dan seibu. Tapi nasib mereka jauh berbeda. Wang Yo sangat disayangi ibunya. Sementara Wang So sangat dibenci olehnya.

Pangeran Wang So

Sejak kecil Wang So "dibuang" dan diadopsi oleh keluarga lain. Alih-alih mendapat perlakuan yang lebih baik, ia justru diperlakukan seperti binatang. Hal itulah yang kemudian membuat dia berperangai kejam bahkan dijuluki Anjing Serigala karena tidak segan membunuh. Ditambah lagi separo wajahnya yang selalu tertutup topeng karena bekas luka yang didapatnya sewaktu kecil.

Perebutan kekuasaan antar saudara serta kisah cinta segi banyak yang melibatkan Hae Soo dengan para pangeran, ditata apik dan penuh kejutan tak terduga. Bagaimana strategi setiap pangeran untuk mendapatkan tahta, penuh dengan intrik dan pertumpahan darah. Tahta dan kekuasaan ternyata sanggup menghancurkan hubungan pertalian darah.

Sebelumnya, Hae Soo mencintai Pangeran ke-8 Wang Wook (Kang Hae Nul) yang adalah suami dari kakak sepupunya, Myung Hae. Disisi lain ada pangeran ke-13 Baek-Ah (Nam Jun Hyuk) yang mencintai Myung Hae. Karena itulah Baek-Ah tidak menyukai Hae Soo yang dianggapnya berkhianat pada Myung Hae dengan mencintai Wang Wook. Lhaaa dia sendiri kaga nyadar apa ya, dia juga suka sama istri orang 😅

Selain Wang So dan Wang Wook, Pangeran lain yang jatuh cinta pada Hae Soo adalah pangeran ke-10 Wang Eun (Baekhyun EXO) yang selalu ceria dan kekanak-anakan. Ada pula pangeran ke-14 Wang Jung (Ji Soo) yang pernah diselamatkan nyawanya oleh Hae Soo sehingga membuatnya bertekad melindungi wanita tersebut bahkan sampai akhir hayat Hae Soo.

Sepertinya hanya pangeran Wang Yo dan pangeran ke-9 Wang Woon yang tidak memendam perasaan pada Hae Soo.

Kenapa ya para pangeran pada sayang sama Hae Soo, mbok ya ke saya saja 😁 saya bakal terima semuanya koq 🤣

Ngomongin drama ini keknya butuh waktu berhari-hari 😅 Daripada penasaran sama para pangeran ganteng ini mending tonton sendiri deh. Jangan lupa siapin tissue ya, scene'nya kadang bikin nangis bombay.

Hae Soo dan Wang So saat memohon ampunan pada Raja atas eksekusi pada Dayang Oh

Beberapa scene yang cukup menguras air mata antara lain saat Dayang Oh dengan rela menerima hukuman mati dari Raja atas kejahatan yang tidak dilakukannya demi menyelamatkan Hae Soo padahal dayang Oh adalah cinta pertama Raja Taejo.

Kemudian saat Pangeran ke-10, Wang Eun beserta istrinya mati ditangan Wang So. Padahal saat itu Wang Eun baru mulai mencintai Seon Deok yang dinikahinya dengan terpaksa.

Hae Soo akhirnya mati di pelukan Wang Jung

Puncaknya adalah saat kematian Hae Soo yang juga berarti perpisahan selamanya dengan Wang So 😭😭

Meskipun sad ending, Moon Lovers sukses bikin saya baper dan gagal move on. Bahkan saya sudah nonton drama ini 3x 🤣 Berharap ada season 2 dengan cerita yang lebih menarik tentunya. 

3. Moonlight Drawn by The Cloud

Drama yang juga dikenal dengan Love in The Moonlight ini bisa dibilang saingannya Moon Lovers karena tayang bersamaan dan sama-sama bergenre sageuk.


Jika Moon Lovers mengambil setting dinasti Goryeo, Love in The Moonlight bersetting dinasti Joseon pada masa pemerintahan Raja Sunjo sekitar abad ke-19.

Kisahnya berawal dari seorang gadis bernama Hong Ra On (Kim Yoo Jung) yang terpaksa hidup sebagai laki-laki dengan nama Hong Sam Nom.

Sam Nom adalah konsultan urusan percintaan dan pemain drama keliling. Saat membantu kliennya, dia bertemu dengan putra Raja Sunjo (Kim Seung-soo), Putra Mahkota Lee Young (Park Bo Gum) yang sedang menyamar.

Lee Young adalah seorang pangeran muda yang kekanak-kanakan dan cerdas tapi sering bikin ayahnya jengkel karena sering tidak mematuhi perintahnya.

Karena tidak bisa membayar hutang pada rentenir, Sam Nom dijual sebagai seorang Kasim dan kembali bertemu dengan putra mahkota di istana. Ketika Sam Nom akhirnya tahu identitas putra mahkota, dia merasa bersalah atas sikapnya selama ini pada putra mahkota.

Hong Sam Nom, kasim kesayangan putra mahkota

Sam Nom kemudian bertugas di istana kediaman putra mahkota dan mengurus segala keperluannya. Unch kebayang ngga c tiap hari bisa berduaan sama putra mahkota yang super tamvan 😍😍

Namanya perasaan siapa yang bisa mengendalikan. Perlahan namun pasti putra mahkota menaruh hati pada Sam Nom  dan betapa bahagia dia ketika tahu bahwa Sam Nom adalah wanita. Langsung sikat 🤣🤣

Kisah cinta Sam Nom dan Lee Young tentu saja tidak mudah karena status mereka yang jauh berbeda.

Mereka juga harus menghadapi berbagai ancaman yang dilakukan oleh Perdana Menteri Kim Heon (Cheon Ho-Jin) dan antek-anteknya. Walopun nyebelin, tapi saya suka dengan perdana menteri Kim. Licik san jahatnya itu cool 😅 

Ancaman juga datang dari Permaisuri Yoon (Seo Jeong-yeon) yang selalu berusaha membongkar identitas sebenarnya dari Kasim Hong, namun selalu digagalkan oleh putra mahkota.

Bahkan akhirnya diketahui bahwa Sam Nom adalah putri dari Hong Gyongnae (Jung Hae-Kyun), pemimpin Baekwoon yang melakukan pemberontakan 10 tahun silam. Dan membuat Sam Nom menjadi buronan dan harus melarikan diri dari istana.

Selain Lee Young, ada Kim Yoon Sung (Jinyoung), cucu perdana menteri Kim. Yoon Sung sudah mengetahui bahwa Sam Nom adalah wanita sejak pertama kali bertemu dan jatuh hati padanya. Meski tahu yang dicintai Sam Nom adalah Lee Young, dia tetap rela mengorbankan segalanya untuk Sam Nom bahkan rela mati demi melindungi wanita pujaannya itu.

Kim Yoon Sung yang selalu menolong dan melindungi Kasim Hong meski dia tau cintanya tak berbalas 

Bukan hanya Sam Nom, ada Putri Mahkota Jo Ha Hyun (Chae Soo Bin) yang sangat mencintai Lee Young meski tahu ada wanita lain dihati putra mahkota (dia tidak tahu bahwa wanita itu adalah Sam Nom, kasim yang jadi tempat curhatnya). Nyesek  ga c jadi Sam Nom yang dicurhati sama saingannya yang cantik dan keturunan bangsawan. Tapi lebih nyesek lagi putri mahkota saat dia tahu teman curhatnya ternyata adalah wanita yang dicintai putra mahkota 🤣🤣

Satu lagi karakter yang membuat saya jatuh hati adalah Kim Byung Yoen (Kwak Dong-Yeon), pengawal sekaligus sahabat Putra Mahkota. Saya suka banget sama gaya dan ekspresinya yang cool abis, apalagi dia juga jago beladiri, paket komplit lah 😅

Kim Byung Yeon, si bodyguard keren 😅

Byung Yeon sebenarnya adalah anggota pemberontak Baekwoon tetapi dia tetap melindungi Putra Mahkota. Begitu pula Putra Mahkota tetap mempercayai Byung Yeon walopun dia tahu siapa Byung Yeon sebenarnya. Bromance banget dah.

Drama ini recommended banget. Tegangnya ada, komedi ada dan super romantis. Saya sudah 2x nonton dan masih susah move on dari Kim Byeong Yeon dan Putra Mahkota Lee Young.

4. The Great Queen Seondeok



The Great Queen Seondeok bercerita tentang sejarah Ratu Seon Deok (Lee Yo-won) dari kerajaan Silla. Ia terlahir kembar dengan nama Deokman. Namun sebuah ramalan membuat dia diasingkan sejak bayi.

Setelah dewasa, Deokman kembali ke Silla  dengan menyamar sebagai laki-laki. Ia akhirnya bertemu dengan saudari kembarnya Putri Cheonmyeong (Park Ye-jin) serta Kim Yu-shin (Uhm Tae-woong) seorang komandan pasukan kerajaan.

Bersama-sama mereka berjuang menentang Lady Mishil (Go Hyun-jung), seorang selir dan pejabat tinggi kerajaan yang berhasrat menjadi penguasa tunggal Silla.

Usaha mereka tentu tidak mudah. Karena Mishil  dengan berbagai rencana jahatnya berusaha membunuh kedua putri tersebut, dan akhirnya berhasil membunuh Putri Cheonmyeong.

Deok Man dan Yu Shin kemudian bertemu dengan Bidam (Kim Nam Gil) dan meminta bantuanny. Akhirnya Deok Man berhasil mengalahkan Mishil dan menjadikannya raja perempuan pertama di Kerajaan Silla dengan gelar Ratu Seondeok. (namanya sama dengan istrinya Pangeran Wang Eun di Moon Lovers).

Meski bertekad untuk menjadi Ratu dan mengesampingkan cinta, dalam lubuk hati terdalam Deokman mencintai Kim Yu Shin, dan sebaliknya. Tapi di episode-episode akhir Deokman melabuhkan hatinya pada Bidam, namun sayang Bidam melakukan pemberontakan

Dan kalo ngga salah inget sepertinya Bidam adalah anak dari Mishil 😱 Udah niat banget mau nonton ulang drama ini untuk ketiga kalinya 😁

Berkat peran licik dan jahatnya yang elegan di drama kolosal ini, mengantarkan Go Hyun-Jung memenangkan berbagai penghargaan termasuk aktris terbaik, daebak!

5. Goddes of Fire

Nemu drama ini secara random di iflix. Baca judulnya kirain ini sageuk genre fantasi yang berkisah tentang dewi api. Ternyata bukan saudara.... 🤣


Drama ini menceritakan perjalanan hidup dan kisah cinta perajin tembikar wanita di era Joseon abad 16 bernama Jung Yi atau Yu Jung (Moon Geun-young).

Jung Yi lahir dari hubungan terlarang antara seorang perajin tembikar istana, Lee Kang-chun (Jeon Kwang-leo) dengan asisten dari Yu Eul-Dam (Lee Jong-won). Kang-chun berusaha menyingkirkan Eul-Dam dengan memanfaatkan asistennya dan kemudian membunuh asisten yang tengah hamil tersebut. Sebelum meninggal, ia menitipkan bayi yang dilahirkannya pada Eul-Dam.

Dalam asuhan Eul-Dam, Jung Yi tumbuh jadi gadis yang tomboy namun memiliki bakat terpendam sebagai perajin tembikar. Kematian Eul-Dam yang didalangi oleh Kang-Chun membuat Jung Yi bertekad menjadi perajin keramik terbaik Joseon.

Seperti kebanyakan genre sageuk, drama ini juga menyajikan intrik politik perebutan kekuasaan. Bukan berpusat pada perebutan untuk memperoleh gelar sebagai Putra Mahkota, tapi lebih kepada perebutan posisi sebagai Rang Chong Bun Won (status pemilik tungku Bun Won, tungku pembakaran tembikar istana).

Dengan bantuan Kim Tae Do (Kim Bum) dan Pangeran Hwang Gae (Lee Sang-yoon), Jung Yi berhasil masuk Bun Won dan menjadi perajin tembikar. Kang-chun  yang merasa terancam dengan bakat Jung Yi dengan segala cara berusaha mengalahkan Jung Yi terlebih setelah tahu bahwa Jung Yi adalah putri Eul-Dam musuh bebuyutannya.

Ayah dan anak yang saling berseteru hingga akhir

Sikap Kang-chun yang jahat tidak berubah bahkan setelah terbongkar bahwa Jung Yi adalah putri kandungnya. Jung Yi sangat terkejut karena orang yang membunuh ayahnya dan dia lawan selama ini adalah ayah kandungnya.

Kim Tae-Do menaruh hati pada Jung Yi sejak masih kecil. Namun Jung Yi tidak bisa menerima perasaan Tae Do karena Jung Yi menganggapnya sebagai kakak dan Jung Yi mencintai Pangeran Gwang Hae dan sebaliknya. Di sisi lain ada Shim Hwa-ryung (Seo Hyun-jin) sahabat Jung Yi yang mencintai Tae Do. Karena terus ditolak Tae Do, Hwa-ryung jadi membenci Jung Yi dan bersekongkol dengan Kang-chun untuk menjatuhkan Jung Yi.

Meski secara cerita tidak terlalu istimewa, drama ini menyuguhkan sisi lain sejarah dinasti Joseon. Bagaimana proses pembuatan keramik Joseon yang termasyhur serta bagaimana sebuah keramik bisa menjadi sangat berharga dan menjadi kekayaan istana bahkan bisa mempengaruhi percaturan politik di kerajaan.

Kim Tae Do yang senantiasa melindungi Jung Yi dan bertekad membalas dendam atas kematian Yu Eul-Dam

Karakter yang saya sukai bukan sang pangeran, melainkan Kim Tae Do. Disini Kim Bum terlihat keren dengan rambut panjang tergerai. Saya selalu suka karakter drama sageuk dengan style seperti ini. Sebut saja pangeran Wang So dan Kim Byungyeon.

Selain Lee Kang-chun ada lagi karakter yang super ngenalin. Dia adalah pangeran Imhae kakak dari tangerang Gwang-hae. Dia selalu berulah tapi pasti melemparkan kesalahan yang dilakukan pada adiknya. Entah karena dia lugu atau bodoh, dia dengan mudah dimanfaatkan oleh Ratu untuk meraih posisi putra mahkota bagi putranya yang merupakan anak termuda sang Raja.

Itulah 5 drama sageuk yang bikin susah move on versi saya. Masih banyak sebenarnya, ada Queen for 7 Days, Saimdang: the rights riset, Grand Prince, Empress Ki, The Moon that Embrace  Sun, 100 days My Prince dll. Mungkin nanti saya bikin postingan terpisah 😁

Salam hangat,





*) gambar dari berbagai sumber

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.