In blogging BPN Challenge health PCOS promil

5 Tips Hidup Sehat a la PCOS Fighter


Sehat adalah investasi paling berharga. Apa artinya bergelimang harta jika raga dan jiwa tidak sehat. Ibarat kata kalo sakit mau makan sate kambing juga pait rasanya. Yang diharapkan tentu saja sehat, kaya raya, bahagia 😁

Apalagi buat wanita, sehat itu faktor yang penting untuk bisa memiliki keturunan. Kenapa saya bilang begitu? Karena saya mengalami yang namanya susah hamil karena kondisi tubuh yang tidak sehat. Kalo dilihat dari luar c sehat- sehat saja. Tapi siapa sangka ternyata "pabriknya" yang ngga sehat 😂 Saya menderita PCOS.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOs) atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan sindrom ovarium polikistik adalah masalah pada keseimbangan hormon wanita. Pada PCOs, kadar hormon seks wanita, yaitu hormon estrogen dan progesteron tidak seimbang. Salah satu faktor penyebab adalah resisten terhadap insulin, kemampuan untuk menggunakan insulin dapat terganggu, sehingga pankreas akan mengeluarkan lebih banyak insulin untuk menyediakan glukosa (energi) bagi sel. Kelebihan insulin ini kemudian akan mempengaruhi indung telur dengan meningkatkan produksi hormon androgen. Peningkatan produksi androgen ini dapat mengganggu kemampuan ovarium untuk ovulasi.

Singkatnya, wanita dengan PCOs lebih sulit untuk mendapatkan kehamilan karena sel telurnya tidak membesar dan pecah sehingga tidak bisa dibuahi.

Baca juga : Promil Story : Berkenalan dengan PCOs

Apakah PCOS bisa sembuh? Dari beberapa sumber yang pernah saya baca, PCOs adalah sindrom yang mana tidak bisa hilang sama sekali. Yang bisa kita lakukan adalah mengendalikan faktor penyebab.

Sebagai salah satu PCOS fighter, untuk mendapat kehamilan tidak cukup hanya dengan obat-obatan dari dokter. Perubahan total harus saya lakukan karena pola hidup saya sebelumnya sangat tidak sehat.

1.  Sarapan Buah

Kenapa sarapan buah?

Silakan googling artikel manfaat sarapan buah dari sumber2 yang kredibel tentunya.

Saya mau share sedikit manfaat yang saya rasakan sendiri, berdasar pengalaman saya sendiri selama hampir 3 tahun sarapan buah (meski 1 tahun terakhir lebih banyak bolongnya)

Instagram @eva.novia

🍑 Mood Booster di pagi hari

Pagi-pagi sudah disuguhi yang segar-segar dan warna warni dari aneka buah.

Buah mengandung glukosa alami, yang membantu jadi merasa bersemangat dan lebih aktif sehingga dapat meningkatkan mood dan semangat kerja 💪

🍏 Mengatasi Stres

Sudah tau kan kalo kesehatan kita juga dipengaruhi oleh pikiran dan mood. Nah mood ini juga berpengaruh terhadap keseimbangan hormon. Maka dari itu penting bagi wanita dengan PCOS untuk tidak stres berlebihan.

Buah di pagi hari juga membantu mengatasi stres karena buah kaya vitamin C yang dapat menurunkan stres. Kandungan vitamin C juga dapat mengurangi peradangan yg disebabkan oleh stres fisik maupun mental

🍇 Memperbaiki saluran cerna

Dulu saya sering ngalamin sembelit (napa juga kudu nurun ke anak 😫), sering konsumsi obat pencahar. Sekarang lancar jaya 🤣

Buah mengandung enzim dan prebiotik yang membantu menstimulasi cairan pencernaan di lambung serta serat yang mendorong sisa kotoran di saluran pencernaan

🍉 Menjaga stabilitas timbangan
Beberapa buah mengandung sedikit kalori tapi kaya akan serat, yang membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil.

Sarapan buah membantu menekan keinginan saya untuk makan atau ngemil yg berlebihan terutama goreng-gorengan, makanan manis atau junk food karena dengan sendirinya saya tersugesti "sayang kan udah makan sehat masa mau dirusak?"

2.  Makanan dengan porsi seimbang

Diet sehat wajib hukumnya bagi penderita PCOS. Diet disini maksudnya mengatur pola makan dengan gizi dan porsi seimbang. Bukan yang ngga makan demi bisa berat badan impian.

Facebook Eva Novia

Bagi yang kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, harus bisa menurunkan berat badan ke angka ideal. Karena obesitas memberikan kontribusi pada resistensi insulin yang dapat meningkatkan kadar androgen dan dapat membuat belaka PCOS makin buruk.

Bukan hanya yang oveeweight saja c. Karena ada juga PCOS tipe kurus, kaya saya 😁 makanya ngga nyangka banget kan.

Penuhi karbohidrat, protein hewani, nabatu, sayur dan buah dalam porsi yang seimbang. Nah, untuk menjaga konsistensi konsumsi buah tiap hari strategi saya ya sarapan buah itu.

3.  Hindari junk food

Junk food adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan makanan yang tidak sehat dan memiliki kandungan nutrisi yang minim. Termasuk junk food ada makanan cepat saji (fast food).

Makanan jenis ini cenderung mengandung lemak dan tinggi gula. Proses pemasakan awal dengan suhu tinggi san dalam waktu yang cukup lama mengakibatkan zat gizi seperi vitamin dan mineral, lebih sering hilang.

Junk food dikenal memiliki kadar gula tinggi. Misalnya minuman soda yang mengandung setidaknya 10 sendok teh gula. Padahal kadar gula berlebih tidak baik bagi penderita PCOS. Contoh lain termasuk cokelat, kue, biskuit, dll.

Gorengan mengandung lemak trans atau lemak jahat yang bisa berakibat negatif untuk kesehatan.

Instagram @eva.novia

Belum lagi kandungan kolesterol dan garam yang tinggi pada junk food dapat mengakibatkan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Maka dari itu penting banget untuk mengurangi bahkan sebisa mungkin menghindari junk food demi mendapatkan tubuh yang sehat.

4.  Olahraga teratur dan cukup istirahat

Tubuh yang sehat tidak bisa diraih secara instan. Selain konsumsi makanan sehat, olahraga juga penting. Tanpa olahraga, lemak dalam tubuh tidak terbakar sempurna.

Olahraga teratur dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh serta kepercayaan diri. Selain itu, olahraga teratur juga membantu memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur.

Olahraga tidak harus yang berat atau mahal. Rutin jalan kaki saja sudah cukup. Kalo saya sendiri memilih aerobik rutin 3x seminggu. Selain bisa membakar banyak lemak, juga bisa mendapat banyak teman. *penting ini*

5.  Keep calm and stay positive

Bagi kami, pejuang dua garis, ditanya "udah hamil belum?" Itu ibarat singa ngeliat mangsa, pengen tek terkam 🤣✌️

Wanita adalah makhluk dengan tingkat kebaperan yang fluktuatif. Kadang cuek, kadang bikin dongkol sampe stres sendiri padahal yang cuman lagi Kepo 😪

Kesehatan raga seseorang juga dipengaruhi oleh kesehatan mental dan pikiran.

Baca juga : Menjaga Kewarasan dalam Bermedia Sosial

Misalkan ketika sedang stres, ada orang yang jadi malas makan akibatnya asupan nutrisi kurang kemudian jadi lemah trus sakit. Ada juga yang malah jadi kalap makan dan ini juga tidak baik.

Apalagi stres adalah salah satu penyebab PCOS karena mempengaruhi sistem internal dalam tubuh.

Karena itulah menjaga hati dan pikiran dari stres berlebih juga penting. Bergaul dengan orang-orang yang positif, akan membantu kita tetap positif dan optimis.

Baca juga : Promil Story : Tips untuk Hamil Pada Wanita dengan PCOS

Tips diatas berdasar pengalaman saya selama promil dengan gangguan PCOS. Untuk konsumsi obat dan vitamin, konsultasikan dengan dokter masing-masing karena kondisi tiap orang berbeda.

Let's fight against PCOS

Salam dua garis,


Referensi: http://www.parenting.co.id/balita/mengupas+kandungan+gizi+fast+food

http://jakarta.tribunnews.com/2018/03/05/suka-makan-junk-food-simak-10-fakta-menarik-tentang-bahaya-junk-food

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.